0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

242 Rumah Dicoret dari Daftar Penerima Bantuan Rehab

Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kementrian Perumahan Rakyat, Jamil Ansari (kiri) Bersama Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya (kanan) saat Meninjau Hasil Rehab RTLH di Kecamatan Bulu (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo —  Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akhirnya menyetujui pengajuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Sukoharjo. Namun, dari pengajuan 2000 unit rehab RTLH di Kecamatan Bulu, Kemenpera hanya menyetujui 1.758 unit rehab RTLH.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (13/6) mengatakan, jumlah RTLH yang disetujui lebih kecil dari pengajuan sebelumnya. Hasil itu diperoleh dari pengecekan dan verifikasi langsung yang dilakukan Kemenpera dengan meninjau sejumlah rehab RTLH di Kecamatan Bulu beberapa waktu lalu.

“Intinya, rehab RTLH bukan pembangunan rumah baru. Saat peninjauan lalu, ditemukan warga yang mendapat alokasi RTLH untuk membangun rumah baru. Selain itu, yang berhak memperoleh bantuan rehab adalah berpenghasilan rendah,” ujar Bupati Wardoyo Wijaya.

Sehingga dari hasil verifikasi, sebanyak 242 rumah yang sebelumnya diajukan untuk mendapat rehab, dicoret dari daftar penerima bantuan rehab RTLH. Rumah yang dicoret dari daftar tersebut di nilai tidak memenuhi syarat, diantaranya berpenghasilan lebih dari Rp 1.250.000, dan ada di antaranya dalam pengajuan untuk pembangunan rumah baru.

Untuk rehab satu unit RTLH, setiap rumah mendapatkan alokasi bantuan dari Kemenpera sebesar Rp 6 juta. Dana tersebut murni diserahkan kepada penerima tanpa adanya potongan. “Memang untuk rehab RTLH realisasi tahun ini kita prioritaskan di Kecamatan Bulu. Tahun depan kita bertahap meluas ke kecamatan yang lain,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge