0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PC Tablet China Banjiri Pasar Indonesia

PC TABLET-Model menunjukkan PC Tablet merek ePad 2 dalam pameran komputer di Diamond Solo Convention Center (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Masuknya PC Tablet asal China belakangan memang tak terbendung. Tak pelak, pasar teknologi informasi (TI) Indonesia dibanjiri maraknya peredaran gadget berteknologi layar sentuh tersebut.

Seperti diakui Ketua Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Oky P Isnanto, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir PC Tablet buatan China memang melimpah di Tanah Air, seiring meningkatnya tren teknologi ini di pasar domestik.

Bahkan, saking besarnya permintaan pasar, hampir semua vendor komputer saling berlomba memroduksi gadget populer tersebut. Ketatnya persaingan, tak pelak membuat masing-masing vendor berupaya merilis produk dengan fitur-fitur terkini guna menggaet simpati pasar.

Misalnya saja dari segi performa fisik, kini PC Tablet dilempar ke pasar dengan ukuran yang lebih bervariasi mulai dari lima inchi hingga sepuluh inchi. Casing-nyapun saat ini juga sudah mulai mengarah ke alumunium, sehingga memungkinkan PC Tablet tidak lekas panas.

“Hampir semua produsen notebook saat ini main di PC Tablet. Harga produknyapun terbilang relatif murah mulai Rp 900 ribu,” ujar Oky, di sela-sela acara National Computer Expo (NiCE) 2012, di Diamond Solo Convention Center, Rabu (13/6).

Sementara itu, salah satu PC Tablet asal China yang belakangan marak beredar di pasar Indonesia, termasuk di Kota Solo, yakni ePad 2. Produk ini sengaja dilempar ke pasar guna menggaet kalangan pelajar maupun karyawan yang tidak ingin kerepotan mengoperasikan produk sejenis dengan sistem operasi Android.

Hadirnya ePad 2 sendiri, diakui Manager ePad 2 Ersys Area Yogyakarta-Solo, Paulus Wahyu, mendapat respon positif dari kalangan pengguna gadget. Pasalnya, selain sudah mengadopsi fungsi penuh layar sentuh 7”, PC Tablet ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah aplikasi umum untuk menunjang kebutuhan internet dan hiburan seperti musik, pemutar video dan foto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge