0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beli Kayu Ilegal, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Beli kayu ilegal ditangkap ditangkap di Boyolali (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali — Nasib apes menimpa seorang ibu rumah tangga asal Kemusu, Boyolali. Untuk yang kedua kalinya, ia ditangkap petugas karena membeli kayu jati ilegal milik Perhutani. Sebanyak 58 batang kayu jati berbagai ukuran disita polisi.

Tersangka penadah kayu jati ilegal, Surati (47) warga Grogol, Genengsari, Kemusu, Boyolali, sebelumnya pernah ditahan dan dihukum tujuh bulan atas kasus illegal logging. Namun, pengalaman tersebut tidak membuatnya jera dan justru mengulangi perbuatannya. Akibatnya, Surati kini harus berurusan dengan pihak berwajib dan terancam tinggal di hotel prodeo alias tahanan.

Surati sendiri tertangkap saat petugas melakukan pengrebekan adanya laporan penjualan kayu jati ilegal di wilayah Andong. Dalam penggrebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan 58 batang kayu jati tanpa dokumen sah. Petugas kemudian melakukan penyelidikan dan menemukan batang kayu tersebut milik tersangka.

Kepada petugas, tersangka mengaku membeli kayu jati ilegal dari warga yang menjadi buruh penebangan kayu di Perhutani. ”Saya sudah tanya apa tidak perlu surat, katanya tidak perlu, ya sudah saya beli,” ungkap Surati di hadapan petugas.

Dari hasil pengembangan tersebut, petugas juga mengantongi nama P dan K, yang merupakan penjual kayu-kayu jati ke tersangka.”Kita masih memburu P dan K, untuk mengungkap kasus illegal logging ini,” tandas Kasat Reskrim AKP Dwi Haryadi mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Hastho Rahardjo, Rabu (13/6).

Tersangka sendiri kini ditahan di Mapolres Boyolali dan dijerat UU Nomer 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. (byl)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge