0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Nyeberang Jalan? Ingat 4T!

Penyuluhan dan demonstrasi Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di SDIT Nur Hidayah Solo (dok.timlo.net/noza novita)

Solo —  Ada pemandangan berbeda di SDIT Nur Hidayah, Rabu (13/6). Sejumlah petugas Dishubkominfo Surakarta dengan berseragam tampak gagah turun dari mobil di halaman sekolah. Sebagian dari mereka menggelar peraga berupa miniatur jalan, rambu lalu lintas, mini mobil dan mini motor remote. Ada juga seorang petugas yang mengenakan pakaian Badut Zeta (sahabat anak pengguna jalan). Sementara beberapa petugas menuju ke ruang aula untuk memberikan materi penyuluhan.

Ya, hari ini sejumlah 143 siswa-siswi kelas 5 SDIT Nur Hidayah mengisi waktu rehat setelah ulangan kenaikan kelas dengan mengikuti Penyuluhan dan Demonstrasi Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Penyuluhan diberikan oleh Tim Penyuluh Dishubkominfo Kota Surakarta.

Para siswa tampak antusias ketika mendengarkan penjelasan tentang cara aman menyeberang jalan, perlengkapan berkendara, tempat-tempat penyeberangan jalan, rambu-rambu lalu lintas, maupun budaya tetap bersih saat di perjalanan. Petugas memberikan contoh dengan alat peraga maupun dengan tayangan video yang menjadikan anak lebih antusias rasa ingin tahunya.

Hanin Annissa Rahmantika, salah seorang siswi, mengaku senang mengikuti kegiatan ini karena banyak manfaatnya seperti mengetahui kiat ketika akan menyeberang jalan secara aman dan nyaman, yaitu dengan mengingat 4T (Tunggu sejenak, Tengok kanan, Tengok kiri, Tengok kanan lagi).

Selanjutnya, para siswa diajak menuju lapangan gedung barat untuk mengikuti demontrasi tata cara berlalu lintas yang aman dan selamat. Mereka disambut Badut Zeta, lalu duduk di tepi miniatur jalan. Beberapa perwakilan siswa berperan menjadi penyeberang jalan, siswa yang lainnya menjadi pengendara mini mobil dan mini motor. Adapun petugas Dishubkominfo mengatur jalannya lalu lintas. Setelah beberapa kali percobaan dan penjelasan dari petugas, acara diakhiri dengan pembagian doorprice dan foto bersama.

Pelaksana Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi SPd berharap dengan adanya kegiatan ini akan menambah kepahaman siswa tentang cara berlalu lintas yang aman. Seperti halnya menggunakan helm standar maupun menggunakan sabuk pengaman bagi yang diantar jemput orang tua. Adapun bagi sebagian siswa yang pulang-pergi ke sekolah dengan bersepeda sendiri, diharapkan akan terbiasa tertib dan santun sebagai pengguna jalan, sehingga akan menjadi karakter maupun budaya disiplin dalam berlalu lintas.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge