0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Sukoharjo Bakal Uji Publik Data Gakin

Djoko Sutarto, Kepala Bappeda Kabupaten Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Sukoharjo akan melakukan uji publik terhadap data warga miskin (Gakin) Kabupaten Sukoharjo versi data verifikasi terbaru. Uji publik tersebut rencananya akan digelar 14-16 Juni 2012.

Kepala Bappeda Sukoharjo Djoko Sutarto mengatakan, sebelum diajukan ke Bupati Sukoharjo untuk mendapatkan SK, data Gakin berdasarkan hasil verifikasi ulang harus di uji publik. Pengujian tersebut dilakukan dengan cara sosialisasi langsung ke Masyarakat.

“Kita sosialisasikan kepada ketua RT dan kepala desa. Agar mereka meneruskan sosialisasi kepada warga masyarakat. Siapa yang belum terdaftar, dan siapa yang seharusnya tidak terdaftar namun terdaftar, nantinya bisa diketahui melalui Ketua RT. Diharapkan data Gakin hasil verifikasi ulang ini benar-benar valid,” ujarnya, Rabu (13/6).

Data warga miskin (Gakin) yang lama hanya tercatat 174.150 jiwa. Data lama tersebut ditengarai belum valid, lantaran banyaknya laporan dari masyarakat miskin yang tidak masuk dalam data gakin tersebut. Sehingga Bappeda melakukan verifikasi ulang.

Dalam verifikasi ulang tersebut, diketahui data Gakin mengalami kenaikan signifikan. Saat ini tercatat total warga miskin (Gakin) Sukoharjo mencapai 242.601 jiwa. “Naiknya sangat signifikan. Selisihnya antara data lama dengan data verifikasi ulang ini, mencapi 68 ribu jiwa lebih,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge