0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sukasno: Tak Ganggu Agenda Dewan

Jokowi Cuti, Rudy Otomatis Jadi Plt Walikota

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo —  DPRD Kota Surakarta telah menerima surat tembusan permohonan cuti Walikota Surakarta Joko Widodo, yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah. Surat permohonan cuti tersebut berkaitan kampanye Jokowi, sapaan walikota, dalam pencalonan Jokowi sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno mengatakan dalam surat tersebut, cuti yang diajukan merupakan cuti di luar tanggungan negara. “Memang biasanya dalam hal biasa walikota bisa mengajukan cuti, namun untuk cuti yang diajukan ini cuti di luar tanggungan negara,” ujar Sukasno kepada Timlo.net, Rabu (13/6), di Ruang Kerjanya.

Menyikapi pemberitahuan permohonan cuti tersebut, DPRD hanya berupa tembusan surat, sehingga DPRD tidak ada kewenangan pemberian cuti mengingat kewenangan untuk pemberian cuti ada di tangan Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah. Meskipun demikian pengajuan cuti Jokowi tersebut berkaitan dengan agenda-agenda di DPRD. “Ada agenda-agenda dimana memerlukan kehadiran walikota langsung,” tambah Ketua Dewan.

DPRD, imbuh Sukasno, masih akan menunggu hasil pengajuan cuti Jokowi tersebut. “Nanti akan kita lihat ijin cuti yang dikeluarkan Gubernur seperti apa, apakah cuti kumulatif ataukah cuti per item jadwal kampanye,” lanjutnya.

Sejauh ini, Sukasno yakin cuti Jokowi nantinya tidak akan mengganggu agenda Walikota dengan DPRD. Agenda Dewan terdekat yang memerlukan kehadiran langsung, menurut Sukasno yaitu Paripurna Persetujuan Pelaksanaan Pertanggungjawaban APBD 2011 pada Jumat (15/6). “Setelah itu tidak ada agenda yang memerlukan kehadiran walikota langsung sampai pertengahan Juli mendatang,” ujar Sukasno.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Supriyanto mengatakan cuti Jokowi sudah disampaikan secara lisan saat Rapat Banmus DPRD. Jokowi diperkirakan cuti mulai 24 Juni-8 Juli. “Perkiraan cutinya tanggal itu. Selama cuti, otomatis Wakil Walikota (Rudy) menjadi Plt (Pelaksana Tugas), tentunya dengan SK Mendagri juga,” pungkasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge