0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Perempuan Sering Keliru Kelola Limbah

Peserta dari organisasi perempuan mengikuti pembinaan di Ruang Data Rabu (13/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Wonogiri, Sri Wahyu Widayat mengemukakan kaum perempuan terbilang jarang dilibatkan dalam pengelolaan permasalahan lingkungan. Kaum perempuan pun acapkali melakukan pola yang keliru dalam mengelola limbah.

“Peran serta perempuan dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan pencemaran lingkungan kurang didukung dengan pengetahuan yang tepat, akibatnya potensi perempuan yang sangat besar malah jarang diikutsertakan dalam pengelolaan lingkungan,“ kata Sri Wahyu saat memberikan materi pada agenda Pembinaan Organisasi Perempuan se-Kabupaten Wonogiri di Ruang Data komplek Setda, Rabu (13/6).

Wahyu juga berujar, kaum perempuan sering melakukan pola yang keliru dalam memenej limbah. “Mengelola limbah atau sampah dengan cara angkut kemudian dibuang yang selama ini dianut adalah pola  keliru, mestinya dengan prinsip daur ulang, mengurangi, dan menggunakan kembali,“ jelasnya.

Berdasar kenyataan itu, ia menghimbau untuk terus meningkatkan kecakapan dan pemahaman tentang pengetahuan lingkungan hidup dan memperbaiki pola keliru dalam pengelolaan sampah. “Jika ada seminar atau diskusi tentang lingkungan hidup silahkan ikuti, atau kalau ada kampanye kepedulian lingkungan gabung saja, hal itu merupakan media-media untuk meningkatkan pengetahuan kita,“ imbuh Wahyu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge