0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SIEM 2012 Tetap Digelar di Balekambang

Panitia Takut Delegasi SIEM Kecewa

Art Director SIEM 2012, Putut H Pramono (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Panitia Solo International Ethnic and Contemporary Music  (SIEM) 2012 siap memberikan penjelasan mendetail mengapa mereka tetap ngeyel melaksanakan SIEM 2012 di Taman Balekambang. Menurutnya, dipindahkannya lokasi penyelenggaraan tersebut justru akan mengecewakan para delegasi SIEM.

Art Director SIEM, Putut H Pramono, Taman Balekambang erat hubungannya dengan musik yang nantinya akan ditampilkan oleh para delegasi SIEM. Balekambang bagi delegasi telah memberikan inspirasi untuk pertunjukan yang nantinya akan mereka suguhkan.

Lebih lanjut, Putut menjelaskan, SIEM memfasilitasi musik dunia untuk menciptakan suatu karya musik etnik melalui karya kultural. Dari situlah Balekambang menjadi inspirasi para delegasi. “Taman Balekambang merupakan venue sejarah yang menginspirasi mereka,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Surakarta, Selasa (12/6).

Konsep pertunjukan, menurut Putut, tidak hanya berada di panggung seperti SIEM yang telah dilaksanakan, tapi juga para personel delegasi bisa berada dimana saja. Pemindahan lokasi acara, lanjut Putut, maka akan mengubah konsep yang sudah dibuat para delegasi.

“Dalam SIEM ini nantinya para personel delegasi tidak hanya tampil di panggung saja, melainkan bisa berbaur dengan masyarakat, bisa berada di pohon atau dimanapun sesuai konsep pertunjukan mereka,” jelasnya.

Putut menilai, DPRD hanya melihat Taman Balekambang sebatas dari segi fisik bukan dari segi spirit. “Pertunjukan SIEM ini nantinya akan digarap secara artistik dan disesuaikan dengan alam. Diharapkan dengan itu akan dapat membangkitkan semangat sadar terhadap lingkungan,” jelas Putut yang sudah siap memberi keterangan jika dipanggil oleh Dewan terkait pelaksanaan SIEM 2012 yang akan tetap digelar di taman peninggalan Mangkunegaran tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge