0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Buat Perda Koperasi, Belajarlah ke Sragen

Ketua Pansus Perda Perkoperasian DPRD Provinsi Lampung Ahmad Junaidi Auly (kiri) dan Kepala Disperinkop dan UMKM Sragen, M Isnadi (Kanan). (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Rombongan panitia khusus (Pansus) dari anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung melakukan studi banding ke Kabupaten Sragen, Selasa (12/6). Studi banding tersebut sebagai upaya mencari referensi tentang perkoperasiaan di Bumi Sukowati, yang selama ini menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berhasil menggerakkan koperasi. Demikian dikatakan  Ketua Pansus Perda Perkoperasian DPRD Provinsi Lampung, Ahmad Junaidi Auly.

“Makanya itu kami memilih kunjungan kerja di Sragen. Biar memperkaya tim pansus dalam menyusun Perda,” katanya usai melakukan diskusi dengan Dinas Perindustrian, Koperasi (Disperinkop) dan UMKM Sragen, di Ruang Kridamanggala.

Menurut Ahmad Junaidi, diskusi yang digelar beberapa jam tersebut, memberikan banyak masukan pada tim. Yakni aspek regulasi dan payung hukum untuk koperasi. Oleh karena itu, setelah Perda nantinya selesai, diharapkan mampu memberikan petunjuk yang jelas untuk perkembangan koperasi di Provinisi Lampung tersebut.

“Supaya menjadi daerah terdepan penggerak koperasi di Indonesia. Karena ada aturan baru yang lebih jelas dan pastinya memihak pada pelaku koperasi,” terang  Ahmad Junaidi, yang juga sebagai Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung tersebut.

Sementara, Kepala Disperinkop dan UMKM Sragen, M Isnadi,  menjelaskan, pihaknya menaruh harapan positif untuk perkembangan koperasi di Provinsi Lampung. Menurutnya yang perlu diperhatikan yaitu pendampingan nyata pada pelaku koperasi atau door to door. Pasalnya untuk mengembangkan koperasi, tidak hanya melakukan pembelajaran melalui pelatihan di ruangan.

“Harus ada tim khusus yang memantau dan mendampingi pelaku koperasi di lapangan. Seperti yang selama ini diterapkan koperasi di Sragen. Jadi tim masuk dari pintu ke pintu secara kontinyu ,” kata Isnadi.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge