0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Visit Jateng 2013

Pemda Wajib Sulap Destinasi Wisata

PASAR ANTIK TRIWINDU-Pasar Antik Triwindu yang merupakan salah satu aset pariwisata Kota Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Dalam rangka menyongsong event akbar pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Visit Jateng 2013 pemerintah daerah (Pemda) dituntut lebih proaktif mendukung agenda tersebut. Mengingat hajatan yang satu ini diyakini mampu menggairahkan sektor riil dan berujung pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), aparatur pemerintah kota/kabupaten diharapkan mampu ‘menyulap’ destinasi wisata daerah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, saat dijumpai wartawan, di sela-sela acara pertemuan antar pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Soloraya, di Hotel Sahid Jaya Solo, Selasa (12/6).

Pihaknya berharap, event akbar tersebut selain direspon positif pemerintah kota/kabupaten juga mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan peran Pemda dalam mendorong kesadaran masyarakat atas pariwisata.

“Saat ini kewajiban pemerintah kota/kabupaten adalah menyulap destinasi dan mendorong masyarakat sadar wisata agar destinasi bisa berkembang,” tuturnya.

Guna menyukseskan Visit Jateng 2013, Prasetyo menginginkan agar aparatur Pemkot/Pemkab memiliki inisiatif menyiapkan daerahnya tanpa bergantung pemerintah provinsi. Terkait hal ini, komponen pariwisata daerah diharapkan bisa menambah atraksi wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri saat ini menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 25 juta orang. Sementara hingga saat ini, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jawa Tengah jumlahnya masih di kisaran 380 ribu orang.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge