0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semin, Desa Mandiri Pangan di Wonogiri

(Ilustrasi) Buah Naga. (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Usai menutup secara resmi pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Selasa (12/6), Gubernur Jateng Bibit Waluyo meninjau Desa Semin, di Kecamatan Nguntoronadi. Desa ini ditetapkan menjadi Desa Mandiri Pangan.

Di hadapan warga Desa Semin, Gubernur mengaku berterimakasih terhadap kreativtas yang ditunjukkan masyarakat, khususnya dalam mengolah potensi yang ada menjadi sumber untuk mencukupi kebutuhan pangan.

 “Kepada warga Desa Semin, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, saya ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kontribusinya dalam menjalankan amanat sebagai Desa Mandiri Pangan, yang juga berarti mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah,“ ungkap Gubernur.

Bibit mengatakan, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkurangnya lahan pertanian produktif, ketersediaan pangan masyarakat harus mendapat perhatian yang serius. “Jadi, saya minta upaya menjaga ketahanan pangan di Jawa Tengah terus ditingkatkan, termasuk melalu aksi Desa Mandiri Pangan yaitu agar masyarakat desa lebih berdaya dalam memanfaatkan sumberdaya alam secara efisien dan berkelanjutan untuk pertanian tanaman pangan sehingga tercapai kemandirian pangan di daerah. Upaya yang dilakukan harus pada semua aspek, dari produksi, distribusi, dan konsumsi,” pintanya.

Camat Nguntoronadi, Joko Triyono menjelaskan di Desa Semin hampir seluruh warga memanfaatkan lahan pekarangannya menjadi sumber olahan pangan. Di antaranya dengan menanam buah naga, aneka umbi, penggemukan ternak dan ikan, serta industri kecil pembuatan tahu tempe.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge