0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengalihfungsikan Lahan Lestari

Gubernur Nilai 5 Kepala Daerah Tak Peduli Rakyat

(dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menilai lima kepala daerah di Soloraya tidak mau peduli dengan nasib rakyatnya. Pasalnya telah melakukan tindakan pengalihfungsian lahan lestari menjadi kawasan industri.

Kelima kepala daerah tersebut, menurut Gubernur, di antaranya Bupati Sragen, Bupati Karanganyar, Bupati Klaten, Bupati Boyolali, dan Walikota Solo. “Mereka (4 bupati dan walikota) dengan tidak memperhatikan aspek-aspek keberpihakan ke rakyat telah mengubah fungsi lahan lestari yang semestinya bisa dimanfaatkan guna kepentingan bersama,” ungkap Bibit Waluyo saat menggelar silaturahmi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (12/6).

“Padahal lahan lestari yang salah satunya merupakan penentu keberhasilan sektor pertanian adalah gantungan hidup bagi sebagian besar masyarakat kita, lha kok malah dirubah menjadi kawasan industri. Itu namanya tindakan yang tidak memedulikan kepentingan rakyat,“ tegas Gubernur. Dirinya tidak menyebut bupati tersebut apakah yang menjabat saat ini atau yang telah mantan.

Jauh sebelumnya, Gubernur Bibit Waluyo mengaku telah mengingatkan kepada para kepala daerah yang dimaksud. Hanya saja tidak pernah digubris. “Mereka itu ngeyel, saya benar-benar gemas dengan mereka,” tambahnya.

Atas kenyataan yang dikatakannya, Mantan Pangdam IV/Diponegoro ini menghimbau agar Bupati Wonogiri tidak mengikuti langkah kelima kepala daerah tersebut. Bupati Danar Rahmnato diminta Gubernur agar mampu menjadi contoh pejabat yang nurut dengan atasannya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge