0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah di Sragen Wajib Terima 20 % Siswa Miskin

Salah satu SMP negeri di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Berdasarkan kebijakan dari Pemkab, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sragen memberikan kuota 20% bagi siswa kalangan tidak mampu di Bumi Sukowati dalam  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dibuka mulai tanggal 10 April hingga 25 Juni 2012, di masing-masing sekolah negeri yang ada di Sragen.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Mahmudi, mengatakan, PPDB bagi siswa miskin di tiap tingkatan sekolah memiliki jadwal yang berbeda. Untuk siswa kalangan tidak mampu yang ingin melanjutkan pendidikan di SD/SMP Reguler, jadwal pendaftaran pada tanggal 10 April hingga 13 Juni 2012. Sementara jadwal penerimaan PPDB bagi siswa SMA/SMK reguler, tanggal 10 April hingga 13 juni 2012.

Kemudian untuk tingkat SD dan SMP SBI/RSBI, PPDB dibuka pada tanggal 10 Juni sampai  25 Juni, dan untuk SMA/SMK RSBI/SBI, tanggal 10 April – 8 Juni 2012. Dijelaskan Mahmudi, bagi siswa tidak mampu akan dibebaskan dari segala biaya pendidikan.

“Siswa tidak mampu bisa bersekolah secara gratis dengan prestasi akademik atau rata-rata nilai raport yang baik,” katanya.

Mahmudi menambahkan, jika dalam waktu yang ditentukan kuota 20 persen tersebut tidak terpenuhi sesuai dengan tanggal yang ditetapkan, maka sekolah yang bersangkutan bisa mengisi kuota dengan murid lainnya. Kuota 20 persen tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintahan untuk memberi kesempatan pendidikan layak bagi siswa tidak mampu.

“Syarat bagi anak keluarga miskin untuk mendaftar yakni dengan menunjukkan surat keterangan anak dari keluarga miskin dari ketua RT dan Lurah. Keterangan tersebut nantinya akan diverifikasi dengan data yang ada di Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK),” jelas Mahmudi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge