0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur Larang Alas Kethu Jadi Kawasan Industri

Bibit Waluyo, Gubernur Jateng (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dengan tegas melarang upaya pengalihfungsian Wana Wisata Alas Kethu di Kabupaten Wonogiri. Terlebih jika upaya tersebut dalam rangka mewujudkan kawasan industri.

Menurut Bibit, Wana Wisata Alas Kethu telah ditetapkan sebagai daerah resapan air. Dan posisinya yang berada di wilayah hulu sungai Bengawan Solo sangat menentukan terhadap kelangsungan masa depan di daerah hilir.

“Kalau Alas Kethu dijadikan kawasan industri, berarti hilang sudah fungsinya sebagai daerah resapan air, lha kalau dibiarkan terus-terusan kasihan Solo dan sekitarnya, bisa kebanjiran kalau musim hujan,“ tutur Gubernur usai menutup TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) Reguler 88 di Lapangan Desa Gedawung Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Selasa (12/6).

Gubernur menjelaskan, pemerintah pusat telah mengeluarkan regulasi terkait fungsi Alas Kethu sebagai daerah resapan. Sehingga jika tetap ada upaya pengalihfungsian berarti telah melanggar peraturan dan bisa diperkarakan.

“Silahkan saja membangun kawasan industri di Wonogiri, tapai jangan di Alas Kethu, cari lokasi yang lain,“ tegasnya.

Sebelumnya memang terendus kabar, Bupati Wonogiri akan membangun kawasan industri besar di lokasi Wana Wisata Alas Kethu. Dikabarkan pula proyek senilai trilliunan rupiah itu bakal menyerap ratusan ribu tenaga kerja.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge