0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

MOS Sebagai Pendidikan Bentuk Karakter

Pembukaan MOS di SMA Negeri 8

- Timlo.net

Solo – Dengan dimulainya tahun ajaran 2010-2011, Masa Orientasi Sekolah (MOS) pun diawali juga. Pembukaan MOS di Kota Solo dibuka secara resmi hari ini (12/7) di SMA Negeri 8 oleh Wakil Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta, Rakhmat Sutomo. Dalam pembukaan MOS yang tersaji dalam bentuk upacara bendera ini juga berarti melaunching program MOS terbaru untuk tahun ini dan seterusnya yaitu MOS dengan Pendidikan Karakter.

Rudy mengungkapkan bahwa dengan MOS yang bertujuan untuk mebangun karakter ini dilarang menggunakan kekerasan fisik dan mental. “Apabila sampai terjadi, diharapkan korban bisa langsung lapor via sms ke saya di nomor 0811264945,” jelasnya. Ia juga menentang dengan keras jika sampai ada pemukulan. Diharapkan kepada sekolah untuk mengeluarkan pelaku. Kategori kekerasan yang harus ditindak tegas oleh sekolah menurut Rudy antara lain apabila mengeluarkan kata-kata kotor dan membuat siswa baru menangis.

Sementara itu, Rakhmat juga menanggapi bahwa MOS dengan pendidikan karakter menyangkut 4 hal seperti kecerdasan intelektual, spiritual, emosipnal, dan inestesia. “Dalam prakteknya, pendidikan ini harus dijiwai pembentukan jiwa yang disiplin. Selain itu juga prinsip senyum, sapa, sambut harus melekat pada setiap unsur yang ada di sekolah,” jelasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS