0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Intelijen Kodim Sukoharjo Ikuti Pelatihan Teknis

Sejumlah Anggota Intelejen Kodim 0726/Sukoharjo Mengikuti Pelatihan Teknis di Aula Makodim Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo —  Anggota Intelijen Kodim 0726/Sukoharjo mengikuti latihan teknis (Latnis) intelijen. Pelatihan tersebut digelar di Aula Makodim Sukoharjo selama 3 hari, untuk meningkatkan profesionalisme aparat intelijen dalam melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan ancaman.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Inf Jimmy Ramoz Manalu, Selasa (12/6) mengatakan, kegiatan Latnis tersebut bertujuan untuk memberikan bekal dalam menambah wawasan serta pengetahuan aparat intelijen dalam melaksanakan tugas di lapangan. Hal itu mengingat kondisi dan situasi, berkembang secara dinamis dan berpengaruh pada stabilitas keamanan nasional.

“Kondisi lingkungan dan situasional yang dinamis seperti saat ini, menuntut fungsi intelijen bergerak cepat, dengan deteksi dini dan cegah dini. Diiringi pembentukan jaringan dan informan di setiap wilayah, mempercepat penghimpunan informasi yang menjadikan prediksi dan melahirkan tindakan antisipasi. Maka peran intelijen benar-benar dibutuhkan,” ujar Dandim.

Pada dasarnya, setiap prajurit dalam kapasitasnya sebagai aparat Korwil, dalam kegiatan sehari-hari sudah menerapkan tugas sebagaimana intelijen. Sehingga diharapkan walaupun dengan kadar yang berbeda, setiap prajurit mampu mengantisipasi permasalahan yang dihadapi.

“Naluri kepekaan menghimpun informasi inilah yang paling penting. Jadi semua prajurit dilibatkan dalam mengorek informasi untuk membantu intelijen. Begitu juga dengan aparat intelijen yang merupakan pilar utama yang menjadi tumpuan satuan, diharapkan juga mampu profesional untuk meningkatkan deteksi dan cegah dini,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge