0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

56 Anak CIBI Diterima Kelas Aksel SMAN 3 Solo

Kepala SMAN 3 Solo, Makmur Sugeng (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Kepala SMAN 3 Solo, Makmur Sugeng mengungkapkan, untuk Tahun Pelajaran 2012/2013, pihaknya menerima 320 siswa baru RSBI (Rintisan Sekolah bertaraf Internasional) dan 56 siswa Kelas Akselerasi (Aksel).  “Yang diterima di RSBI, terdiri dari 303 siswa melalui jalur tes, 15 siswa Gakin (keluarga miskin) dan 2 siswa lewat Jalur Prestasi,” katanya, Selasa (12/6).

Sementara Kelas Aksel, dari 128 pendaftar yang diterima hanya 56 siswa. “Sebenarnya di kelas Aksel itu kuotanya 60 peserta (siswa). Tapi, yang memenuhi kriteria hanya 56 siswa. Kriterianya banyak, di antaranya IQ minimal 130. Peserta yang gagak kebanyakan di IQ. Kalau dipaksakan 60 anak itu, ya takutnya ada anak yang tak dapat mengikuti. Dan siswa Aksel ini kan masuk CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa) jadi ya memang benar-benar pilihan,” tambah Makmur Sugeng.

Terkait uang Sumbangan Pengembangan Sekolah (SPS), pihak SMAN 3 Solo mengambil kebijakan untuk bisa diberlakukannya subsidi silang. “Ya, jadi kesanggupan untuk memberikan SPS mau isi berapa pun. Kalau dalam kondisi rata-rata normal untuk tidak dinaikkan dan sama dengan tahun sebelumnya. Saya lebih mengutamakan subsidi silang, agar peserta didik itu nyaman dan orangtua juga. Jadi lebih mendorong ke kemampuan mereka masing-masing,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge