0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wayang Raksasa Diarak, Pekan Wayang Dibuka

Pembukaan Pekan Wayang Jawa Tengah 2012 di Pendapa TBJT Solo, Senin (11/6) malam. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Pembukaan Pekan Wayang Jawa Tengah 2012 yang diselenggarakan di Pendhapa Ageng Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan, Jebres, Solo,  Senin (11/6), mendapat perhatian meriah masyarakat. Pembukaan event ini ditandai dengan pengarakan wayang raksasa dari bahan jerami setinggi 3 meter oleh beberapa orang, dengan diiringi suara gamelan yang rancak dan dinamis.

Acara dibuka perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Drs Sujarwo MM. Dikatakan, acara Pekan Wayang Jawa Tengah 2012 bertemakan “Wayang Menyongsong Masa Depan”. “Tema tersebut mempunyai arti bahwa keberadaan wayang telah memberi arti untuk masyarakat luas sebagai salah satu produk murni Indonesia yang masih kental dan wajib dipertahankan agar tidak punah,” ujarnya.

Ketua Panitia Pekan Wayang Jawa Tengah 2012, Suparman mengatakan, kegiatan ini berorientasi kepada konservasi dan pengembangan seni pewayangan. Selain itu juga sebagai wadah untuk seniman-seniman berbakat khususnya dalam bidang pewayangan untuk mengembangkan kesenian wayang agar lebih mudah dan disukai oleh masyarakat luas.

“Acara ini bisa dijadikan wadah untuk seniman-seniman lain yang mengembangkan wayang menjadi berbagai macam jenis,” ujarnya saat ditemui Timlo.net, Senin (11/6) malam.

Suparman menambahkan, apabila wayang dibuat mudah maka masyarakat akan menyukai kesenian ini, apabila masyarakat sudah menyukainya maka kesenian wayang ini akan dapat terpelihara sampai kapanpun. “Kesenian wayang ini akan terus hidup apabila ada ketersediaan masyarakat untuk memahami dan melestarikan kesenian ini,” pungkasnya.

Pekan Wayang Jawa Tengah 2012 diselenggarakan selama 3 hari, Senin-Rabu (11-13 /6). Dalam acara tersebut tidak hanya kesenian wayang yang ditampilkan tetapi juga ada pameran lukisan, topeng dan wayang.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge