0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Rumit Belajar Robot

Pameran robot di CFD, Minggu (10/6). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Teknologi robot saat ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Robot sendiri dikenal mempunyai banyak bentuk mulai dari prototype manusia sampai pada bentuk-bentuk yang menyerupai mobil, dan hewan.

Seperti yang diperagakan Dufal Muh Irfa. Ia menyeting mobil robot rakitannya untuk mengikuti garis hitam. Setelah itu mobil robot tersebut berjalan dengan sendirinya mengikuti garis hitam yang berada di track.

Dikatakan, mobil tersebut berjenis robot Line Follower Analog. Robot tersebut bekerja berdasarkan Line (garis) hitam yang telah dilukiskan dalam track. Dengan sensor yang telah dipasang di bagian depan mobil robot, maka mobil tersebut akan mengikuti kemana garis hitam itu nantinya akan mengarah. Robot tersebut dibagi menjadi dua yaitu Line Follower Analog dan Line Follower Maze Solving.

Robot dengan jenis Line Follower Maze Solving, lanjutnya, berbeda dengan robot Line Follower Analog. Naha, kelebihan dari robot  Line Follower Maze Solving terletak pada percabangan garis. Apabila terdapat percabangan pada suatu garis hitam maka robot tersebut bisa memilih sesuai dengan program yang telah dimasukan.

“Robot jenis Line Follower Maze Solving berbeda dengan Line Follower Analog, karena kalau robot jenis Analog dia hanya mengikuti kemana garis hitam tersebut mengarah apabila ada percabangan maka dia terkadang tidak terarah. Beda halnya dengan robot jenis Maze Solving, robot tersebut sudah di program untuk hanya mengikuti garis yang lurus atau ke kiri dan ke kanan saja, tinggal masukan programnya,” ujar lelaki yang juga teknisi robot tersebut di sela-sela pamerannya di Car Free Day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Minggu (10/6).

Ditambahkan, terkadang masyarakat menganggap teknologi semacam ini rumit dipelajari, tetapi sebenarnya itu mudah dan semua orang bisa mempelajarinya. Tergantung dari kemauan orang tersebut.

“Cara kerja robot ini menggunakan sensor, apabila kita bias mensinkronisasi antara sensor dengan komponen elektronik yang ada pada rangkaian maka kita sudah bias untuk memodifikasi sesuai keinginan kita,” jelasnya sambil memperagakan robot mobil rakitannya kepada pengunjung CFD.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge