0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dispendik Klaten: Jangan Ada Pungli Saat PSB!

Ilustrasi (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Klaten meminta kepala sekolah di wilayahnya untuk tidak melakukan pungutan liar (Pungli) saat Penerimaan Siswa Baru (PSB), baik di tingkat SD maupun SMP reguler.

“Untuk keperluan PSB baik SD maupun SMP reguler, seluruhnya sudah dibiayai dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Jadi jangan sampai ada pungli,” kata Kepala Dispendik Klaten, Sunardi, Senin (11/6).

Namun demikian pihaknya tidak bisa melarang bagi sekolah unggulan atau Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) jika melakukan pungutan. Asal ada koordinasi dengan orangtua siswa.

“Untuk sekolah unggulan atau RSBI, kalau memang ada pungutan harus tetap koordinasi dengan orangtua atau wali murid. Begitu juga untuk SLTA, karena tidak ada BOS,” ujar Sunardi.

Larangan Calistung

Sunardi menambahkan, pihaknya juga melarang test penjaringan secara berlebihan saat PSB tingkat SD. Misalnya dengan memberikan test baca, tulis dan berhitung (Calistung).

“Untuk sekolah reguler, penjaringan hanya berdasarkan usia. Sedangkan bagi SD unggulan atau RSBI bisa menggunakan test psikologi, juga pertimbangan sekolah sebelumnya (surat tanda tamat belajar) TK,” jelas Sunardi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge