0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masalah Perdes, Belum Perlu Tim Investigasi

Asisten Pemerintahan dan Tata Praja Pemkab Sragen, Parsono. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Asisten Pemerintahan dan Tata Praja Pemkab Sragen, Parsono, menyatakan, Pemkab Sragen belum perlu membentuk tim investigasi, untuk menyelesaikan permasalahan perangkat desa (Perdes) yang hingga kini belum tuntas.

Menurutnya, yang diperlukan adalah membentuk tim evaluasi, yaitu agar permasalahan yang terjadi berupa penolakan pembuatan surat keputusan (SK) Perdes oleh sejumlah kepala desa (Kades) akhir Mei lalu, tidak terjadi dikemudian hari.

“Belum perlu Pemkab bentuk tim investigasi segala. Ada masukan dari kalangan tertentu. Tapi kami belum mengambil keputusan terkait masukan itu,” katanya ketika ditemui wartawan di kantornya, Senin (11/6).

Lebih lanjut Parsono mengungkapkan, untuk tim evaluasi rencananya baru akan bentuk, yang akan bertugas untuk mengoreksi dalam penjaringan Perdes tahun berikutnya. Namun dibentuknya tim evaluasi tidak akan memengaruhi proses penandatanganan dokumen SK Perdes terpilih. Apalagi dari 191 SK yang diajukan Kades kepada Bupati, sudah 170 SK yang ditandatangani. Sisanya 21 SK masih proses.

“Kemudian 45 dokumen SK yang belum diajukan ke Bupati, masih ditunggu. Kan dari 141 desa, seharusnya Bupati menerima 216 SK Perdes. Tapi dua minggu ini, baru 191 SK itu,” terangnya.

Ditambahkan Parsono, belum diajukan 45 SK karena adanya penolakan yang dilakukan sejumlah Kades pada akhir Mei lalu hingga sekarang, Pemkab tidak akan turun tangan, namun masalah itu diserahkan terlebih dahulu kepada kecamatan untuk menyelesaikannya. Pemkab tidak memberi batasan waktu untuk pengajuan SK sebanyak 45 formasi dari sejumlah desa. Namun, Pemkab tetap mengimbau secepatnya Kades yang belum mengajukan SK Perdes ke Bupati.

“Masak apa-apa Pemkab yang terjun, kan tidak. Biar Pak Camat yang melakukan pendekatan. Saya kira Pak Camat lebih dekat dengan Kadesnya,” pungkas Parsono.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge