0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penyelenggaraan SIEM 2012 Menuai Protes

Aktivis Forum Solo Hijau yang menyayangkan penyelenggaraan SIEM di Taman Balekambang (timlo.net - dhefi)

Solo —  Pro-kontra terhadap pelaksanaan Solo International Ethnic and Contemporary Music (SIEM) 2012 di Taman Balekambang terus bermunculan. Banyak kalangan yang menyayangkan penyelenggaraan event tingkat internasional yang bakal digelar 4-8 Juli tersebut berada di lahan konservasi flora dan fauna.

Alasannya, yakni kekhawatiran rusaknya ekosistem dan terganggunya habitat di dalam taman akibat ingar bingar musik saat SIEM berlangsung. Apalagi, pelaksanaan SIEM di Balekambang relatif lama, yang dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut.

Seperti yang dikatakan Koordinator Forum Solo Hijau, sebuah kelompok peduli lingkungan,  Sessario Bayu Mangkara. Ia mengaku sangat menyayangkan penyelenggaraan SIEM yang dilakukan di Taman Balekambang. “Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau taman kota bukan digunakan untuk event-event yang mempunyai input radiasi atau kebisingan suara yang cukup tinggi,” katanya kepada wartawan, Senin (11/6).

Selain mengganggu aktivitas satwa yang ada di kawasan seluas 9,8 hektar tersebut, dirinya juga khawatir pelaksanaan event yang dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan peminat musik etnik itu berakibat pada rusaknya sejumlah tanaman yang ada disana. “Ini juga yang menjadi salah satu kekhawatiran kami. Kebaradaan banyaknya pengunjung disana nanti bisa merusak tanaman,” tambahnya.

Di satu sisi, ia mempertanyakan jaminan yang diberikan panitia yang akan mempertahankan keutuhan Taman Balekambang selama berlangsungnya SIEM nanti. “Meski nanti akan ditutup plastik atau apa, apakah ada jaminan dari panitia?” tanyanya.

Untuk menghindari dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan setelah pelaksanaan event SIEM, Sessario menyarankan panitia untuk memindah lokasi performance SIEM di tempat yang lebih presentatif. “Saya menilai tidak cocok dilaksanakan di Balekambang,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge