0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-KTP Wonogiri, Ada Ketidakcocokan Jumlah Warga

Supardi, Camat Sidoharjo (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Masalah baru muncul pada proses pembuatan Kartu Tanda Pendueuk Elektronik atau e-KTP di Kabupaten Wonogiri. Ternyata terjadi ketidakcocokan antara data jumlah warga wajib KTP menurut perhitungan pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten.

Sebagai contoh di Kecamatan Sidoharjo menurut perhitungan secara nasional oleh pemerintah pusat diketahui jumlah warga yang wajib memiliki KTP tahun ini adalah 40.716 jiwa. Namun berdasarkan data di kantor kecamatan jumlahnya mencapai 40.857.

Beda data ini menurut penuturan Camat Sidoharjo, Supardi disebabkan perubahan statistik administratif penduduk. Dimana dalam proses pendataan yang memerlukan selang waktu cukup lama, terjadi perubahan seperti perpindahan penduduk atau permintaan KTP baru.

“Bisa saja itu terjadi, seperti penduduk yang pindah masuk atau pindah keluar, juga warga yang saat pendataan belum cukup umur, namun kemudian beberapa bulan berikutnya mengajukan permohonan KTP baru, sehingga tentunya akan mempengaruhi data antara pusat dan daerah,“ terangnya, Senin (11/6).

Hal serupa terjadi di Kecamatan Girimarto. Sesuai data nasional, warga wajib KTP berjumlah 44.380. Sementara statistik kabupaten mencapai angka 44.733.

“Banyak yang berubah selama pendataan, terutama terkait dengan jumlah penduduk wajib KTP, penyebabnya mutasi penduduk atau penambahan KTP baru,“ jelas Camat Girimarto, Edhy Tri Hadyanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge