0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinilai Berjasa Rukunkan Keraton

Empat Menteri Bakal Dapat Gelar Bangsawan

Keraton Kasunan Surakarta yang menjadi salah satu aset wisata Kota Solo (Dok. Timlo.net/Niar)

Solo — Dinilai berjasa dalam proses rekonsiliasi dua raja di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pekan depan sejumlah pejabat negara akan mendapatkan gelar bangsawan. Pemberian gelar bangsawan akan dilakukan kepada sejumlah menteri, seperti Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Seperti yang dikatakan Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan GKR Koes Moertiyah, atau yang kerap disapa dengan Gusti Moeng, gelar bangsawan yang diberikan pada sejumlah pejabat negara tersebut merupakan kehendak dari Paku Buwono (PB) XIII Sinuhun Hangabehi. “Ya, kami tinggal menunggu kepastiannya,” katanya kepada wartawan, Sabtu (9/6).

Gusti Moeng juga mengatakan, selain memberikan gelar bangsawan kepada empat menteri tersebut, rencananya pihak keraton juga memberikan gelar kepada sekitar 500 orang lainnya. “Siapa saja yang mendapat gelar, itu kehendak Sinuhun. Kami belum mengetahuinya secara pasti,” terangnya.

Pemberian gelar bangsawan atau yang dikenal dengan kekancingan, akan diberikan sehari sebelum Jumenengan PB XIII, yakni pada (14/6). Sementara, sesuai dengan rencana sebelumnya, pelaksanaan jumenengan PB XIII akan dilaksanakan pada (15/6).

Tak hanya itu, setelah digelar Jumenengan, pada Minggu (17/6), Keraton Kasunanan bekerja sama dengan Pemkot akan melakukan kirab PB XIII Hangabehi – KGPH Panembahan Agung Tedjowulan bersama dengan Walikota Solo Joko Widodo dan unsur Muspida akan melaksanakan kirab dengan rute pada ruas jalan di sekitar keraton.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge