0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musik Alat Dapur, Kemlonthang Tapi Meriah

Anak anak bermain musik alat dapur (Dok.Timlo.net/ niza Novita)

Solo —  Berbagai macam alat musik pukul terdengar riuh di Pendapi Gede Balaikota Solo, Sabtu (9/6). Namun, siapa sangka bunyi tersebut bukanlah berasal dari alat musik modern, melainkan bunyi dari berbagai macam peralatan dapur seperti sendok, panci, galon, baskom dan berbagai macam alat lainnya.

Para siswa Sekolah Budaya KB TK Cikal Elyaum Kampoeng Batik Laweyan, terlihat dengan percaya diri ketika tampil di panggung. Ada anak yang membawa sendok di tangan memukul panci sambil menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Ia bersama kedua rekannya mulai beraksi bak penyanyi profesional. Acara bertema konser alat dapur, di mana kostum mereka pun dilengkapi pakaian layaknya seorang koki.

Hari itu, puluhan anak mengikuti Konser Alat Dapur yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kota Solo.

Penanggungjawab lomba, Ysta Nofeca menjelaskan Konser Alat Dapur tersebut diikuti 13 PAUD dari 5 kecamatan yang ada di Kota Solo. “Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah PAUD/KB TK yang memenangi lomba di tingkat kecamatan. Seharusnya yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 15 PAUD/KB TK, tapi ternyata tidak hadir 2. Masing-masing lembaga mengirimkan tiga anak. Nantinya yang menjadi juara akan maju ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Bidang PNF Dikpora Kota Solo sekaligus ketua penyelenggara kegiatan, Supraptiningsih mengatakan kegiatan ini adalah ajang kreativitas anak-anak usia dini. “Tujuannya untuk memotivasi bermain dan belajar anak usia dini, serta meningkatkan motivasi tenaga pendidik. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya penyelenggaraan PAUD,” ungkapnya.

Dijelaskan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 192 anak dari PAUD yang berasal dari perwakilan lima kecamatan di Solo. “Lombanya ada 9 jenis, yakni lomba mengelompokkan biji-bijian, terampil berpakaian, bakiak, melukis tampah, halang rintang ceria, konser alat dapur,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge