0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lha Ini yang Bikin Motor 4 Tak Sering Mogok

Penggantian komponen pada silinder akibat oli mesin tak pernah dikontrol hingga menyebabkan oli mengering dan membuat mesin macet (dok.timlo.net)

Wonogiri — Pemilik kendaraan bermotor roda dua jenis 4 langkah, disarankan untuk sering-sering mengecek volume oli mesin pada tunggangannya. Pada beberapa kasus kerap ditemui terjadinya mesin macet akibat kehabisan oli.

Oli mesin bisa mengering lantaran beberapa faktor. Seperti ikut terbakar di ruang silinder akibat ring piston menipis, atau sil klep yang aus. Selain itu juga lantaran penguapan.

Oli di mesin motor 4 langkah bisa menguap karena suhu yang terlalu panas, ini diakibatkan langkah kerja kruk as dan setang piston yang panjang, berlaku di beberapa jenis motor terutama bebek,“ terang Anang Ardiyanto pemilik bengkel Anang Motor Wonogiri, Minggu (10/6).

Penguapan tersebut seringkali tidak disadari sang pemilik. Jika kondisi ini dibiarkan akibatnya parah, mesin bisa macet karena piston, setang piston, tak lagi tersaluri oli. Kalau keadaan sudah begini maka mesin perlu dibongkar untuk mengganti komponen tadi.

“Maka saya sarankan untuk sering mengecek volume oli mesin, caranya lihat saja pada panel oli di blok mesin, tapi di beberapa merk motor kadang tidak ada panelnya, maka silahkan buka tutup oli di blok dan cek ketinggian oli apakah masih di ambang normal atau tidak,“ jelasnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge