0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selobelah, Obwis Indah di Bukit Karangtengah

Panorama indah di Selobelah Karangtengah Kabupaten Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Satu lagi obwis (obyek wisata) di Kabupaten Wonogiri yang layak dijadikan referensi saat akan menghabiskan waktu berliburan. Wisata Spiritual Selobelah namanya, berlokasi di Desa Temboro Kecamatan Karangtengah sekitar 62 kilometer arah tenggara Kota Wonogiri.

Menurut cerita masyarakat setempat penamaan Selobelah didasari atas kondisi perbukitan yang mengitarinya. “Kalau dilihat dengan seksama bukit-bukit di sekitarnya seperti batu yang terbelah Mas, makanya dinamakan Selobelah,“ ujar warga Temboro, Andi Kurniawan, Minggu (10/6).

Selobelah disebut wisata spiritual lantaran memang peruntukan utama dari tempat ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin melakukan olah kebatinan. Hingga tak mengherankan jika di beberapa tempat dibuatkan ruangan-ruangan bagi mereka yang suka laku spiritual. Namun, tak sedikit pula yang mengunjunginya hanya untuk menikmati indahnya panorama asri perbukitan Karangtengah yang masih perawan.

Seorang penjaga di Selobelah, Teguh Maryono mengemukakan tempat yang ditungguinya menawarkan pemandangan alam yang indah. Sangat cocok bagi yang ingin melepaskan penat setelah disibukkan dalam beragam aktivitas.

“Disini juga ada kebun duriannya, jadi kalau pas musim durian pengunjung bisa membawanya sebagai oleh-oleh, di dekatnya juga kami sediakan kebun cengkeh, ini untuk menambah suasana asri dimana pengunjung bisa melihat secara langsung aktivitas warga dalam memetik daun dan bunga cengkeh,“ terang Teguh.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge