0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bangun Saripetojo, Citra Mandiri Siapkan Sosialisasi

Bekas pabrik es Saripetojo (timlo.net - dhefi)

Solo —  Rencana pembangunan hotel berbintang di atas lahan bekas pabrik es Saripetojo di Purwosari, Solo terus berjalan. Saat ini Perusahaan Daerah (Perusda) Citra Mandiri, selaku pemilik aset tersebut sedang melakukan persiapan dan koordinasi untuk pematangan konsep rencana pendirian hotel di atas lahan seluas 1,4 ha tersebut.

Ketika dihubungi, Direktur Utama (Dirut) Citra Mandiri, Sayuti mengatakan, saat ini pihaknya sedang konsentrasi pada sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait rencana pendirian hotel. “Sedang persiapan sosialisasi ke masyarakat agar tidak timbul polemik,” katanya kepada wartawan, Sabtu (9/6).

Dalam hal ini, Sayuti belum bisa berbicara banyak kepada wartawan. Yang jelas, pihaknya sedang melakukan persiapan dengan melakukan sosialisasi dan penjajakan di lapangan. Mengingat, dalam rencana pembangunan sebelumnya menuai kontroversial.

Sebelumnya Perusda Citra Mandiri berencana membuat Mall di atas tanah bekas pabrik es tersebut. Rencana pembangunan mall itu mendapat pertentangan dari masyarakat. Alasannya, bertentangan dengan Perda  No 5/2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Selain itu juga bertentangan dengan Undang-undang no. 11/2010 tentang Cagar Budaya, karena bangunan bekas pabrik es Saripetojo dinilai sebagai bangunan cagar budaya (BCB).

Karena alasan itulah, pihaknya lebih berhati-hati sebelum melakukan sosialisasi. Sayuti sendiri mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo untuk mendirikan hotel di bekas Saripetojo. Dari informasi yang didapat, yang dibangun adalah hotel bintang empat setinggi 20 lantai. Rencananya, hotel tersebut juga dilengkapi dengan Convention Hall, kolam renang, restoran dan kompleks pertokoan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge