0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ledre, Santapan Merakyat dan Tetap Bersahabat

LEDRE PISANG-Ledre pisang yang merupakan salah satu jajanan tradisional Jawa (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Ledre, hemm.. yummy. Ya, begitulah kira-kira ekspresi yang bisa diungkapkan manakala mendengar nama kuliner tradisional Jawa ini. Rasanya yang manis dan gurih tentu selalu menggoda selera untuk bisa menikmatinya.

Barangkali, nama jajanan yang satu ini memang masih terdengar asing di telinga sebagian dari kita. Pasalnya, saat ini ledre memang sudah cukup sulit untuk ditemui. Kalaupun ada tentu penjualnya sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Di Kota Solo sendiri, jajanan yang konon merupakan santapan favorit kaum bangsawan itu hanya bisa ditemui di beberapa tempat saja. Jika pada suatu ketika anda singgah di Kampoeng Batik Laweyan, cobalah mampir sejenak ke Ledre Laweyan. Di sini selain bisa berbelanja, anda pun bisa melihat secara langsung proses produksinya.

Di gerai milik Bu Sri Martini yang sudah beroperasi sejak 1984 silam, anda bisa menjajal aneka jenis ledre, baik yang orisinal maupun hasil modifikasi. Setidaknya ada empat variasi rasa yang ditawarkan, yakni ledre original pisang, ledre pisang coklat keju, ledre pisang keju serta ledre pisang coklat.

Soal harga tak perlu khawatir, dijamin tetap bersahabat. Meski Ledre Laweyan sudah cukup moncer hingga menembus hotel berbintang, namun harganyapun tetap merakyat. Ledre hasil kreasi Bu Martini dipasarkan mulai Rp 1.500 hingga Rp 2.000 perpotongnya.

Ledre sendiri merupakan jenis jajanan tradisional, terbuat dari ketan yang dipadu dengan parutan kelapa, garam dan lumatan pisang raja. Biasanya jajanan ini disantap saat senggang sembari menikmati minuman teh ataupun kopi hangat.

Jajanan tradisional ini juga cocok dihidangkan bagi tamu. Termasuk jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh bagi kerabat maupun teman di luar kota, ledre sangat pas untuk dijadikan pilihan. Mengingat selain rasanya yang khas, jajanan tradisional ini mampu tahan hingga 24 jam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge