0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Angka KDRT, Sukoharjo Bentuk PPT

Sutarmo, Kepala Satpol PP Pemkab Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo – Guna meminimalisir terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPP-KB) Sukoharjo membentuk Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) di setiap kecamatan.

Pembentukan PPT di setiap kecamatan tersebut diharapkan dapat memberikan pencegahan, pemulihan, reintregasi sosial, memberikan perlindungan hukum kepada korban, dan koordinasi tingkat kecamatan hingga ke desa sehingga meminimalisir tindakan KDRT.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPP-KB) Pemkab Sukoharjo, Sutarmo mengatakan, saat ini pembentukan PPT tersebut masih dalam tahapan sosialisasi. Setelah jangka 2 minggu setelah sosialisasi, diharapkan PPT di setiap kecamatan sudah terbentuk dan siap bekerja produktif.

“Saat ini kita sosialisasikan PPT ke kecamatan. Diharapkan segera dibentuk dan dapat mulai bekerja sebagaimana tugas-tugasnya yakni penyuluhan sebagai upaya pencegahan, pemulihan, reintregasi sosial dan tentunya memberikan perlindungan hukum bagi korban KDRT,” ujarnya, Sabtu (9/6).

Pusat Pelayanan Terpadu Kecamatan tersebut nantinya, terdiri melibatkan beberapa instansi di bawah tanggung jawab camat. Meliputi, Kepolisian Sektor, Dinas Kesehatan Kecamatan atau Puskesmas, Petugas PLKB, juga kader perwakilan setiap desa.

“Total Sukoharjo memiliki 61 PLKB. Itu tersebar di setiap kecamatan, dibantu kader-kader yang sudah mendapat SK. Juga nanti dibantu dari Puskesmas, Kepolisian dan Kesra Kecamatan. Semuanya nanti tergabung untuk terkoordinasi, di bawah tanggung jawab camat. Diharapkan efektif meminimalisir KDRT,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge