0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Hibah Perlu Pendampingan Pemkot

DPRD: Keraton Jangan Menutup Diri

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (timlo.net - dhefi)

Solo — DPRD Kota Surakarta mengharapkan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ke depan lebih terbuka dan tidak menutup diri, baik kepada pemerintah maupun  kepada masyarakat dan media. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Supriyanto, Jumat (8/6), di ruang kerjanya.

Menurut Supriyanto, keraton sebagai institusi cagar budaya jangan hanya menuntut sepihak. Tetapi juga harus mengedepankan peran keraton sendiri dalam hal transparansi administrasi dan program yang selama ini begitu tertutup.

“Keraton perlu terbuka sehingga memungkinkan media untuk juga mengakses keuangan keraton. Tentunya kita menginginkan agar dana yang diberikan oleh APBD betul-betul dimanfaatkan untuk peruntukan cagar budaya,” jelasnya.

Meskipun dituntut untuk transparan, Supriyanto yang juga Ketua Banggar DPRD ini, menyerahkan pengelolaan dana hibah kepada keraton. Pihaknya hanya meminta adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintah dimana saat ini masih sangat minim.

Supriyanto juga  menyatakan perlu adanya pendampingan dari Pemkot terkait dana hibah keraton. Hal ini berluka bagi semua penerima dana hibah tanpa terkecuali hibah untuk keraton.

Dana hibah keraton sendiri sampai saat ini masih belum dapat dicairkan mengingat belum stabilnya kondisi keraton. Meskipun sudah ada tanda-tanda akan membaik terkait konflik yang terjadi, Supriyanto mengatakan proses pencairan masih akan memerlukan waktu lama.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge