0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Siswa Tak Lulus, Bupati Evaluasi Kepala Sekolah

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman. (dok.timlo.net/agung)

Sragen —  Banyaknya siswa SMP di Kabupaten Sragen yang tidak lulus ujian nasional (UN) tahun 2012 hendaknya membuat Dinas Pendidikan melakukan koreksi diri. Mantan Anggota DPRD Sragen, Saiful Hidayat mengatakan, banyaknya siswa yang tidak lulus ini menimbulkan keprihatinan tersendiri baginya. Pasalnya beberapa waktu yang lalu Sragen menjadi salah satu daerah dengan peringkat tertinggi di Jawa Tengah dengan jumlah siswa lulus mendekati angka 100 persen. Namun tahun ini, sebanyak 205 dinyatakan tidak lulus.

“Ini merupakan pukulan berat bagi dunia pendidikan di Sragen. Saya minta agar Disdik Sragen menjadikan ketidaklulusan ini menjadi cambuk agar tahun yang akan datang dapat meningkatkan pembelajaran siswa sehingga kelulusan siswa dapat mencapai angka 100 persen,” katanya

Sementara itu Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, mengatakan, dunia pendidikan di Kabupaten Sragen akan menjadi gambaran riil, bahwa selama 10 tahun terakhir  pendidikan di Sragen menjadi cover ketidakberesan sistim pendidikan di bumi sukowati.

Menurut Agus,  selama ini ada transformasi yang tidak pas yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru terhadap wali murid.  Sebab setiap kali ujian, mereka berharap akan ada bocoran jawaban. Melihat gambaran tersebut, bupati meminta agar kepala sekolah, guru dan wali murid mennyikapi masalah pendidikan ini secara serius.

“Anak-anak yang baik akan lahir dari guru yang baik.  Guru yang baik, juga akan lahir dari kepala sekolah yang baik,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (7/6).

Untuk itu dia meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sebaliknya bupati juga akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait keberadaan para guru dan kepala sekolah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge