0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DPRD Sengkuyung Rekonsiliasi Keraton

Tedjowulan Berharap Ada Tritunggal di Solo

Gusti Tedjowulan (dua dari kiri) saat bersilaturahmi dengan pimpinan DPRD Kota Surakarta, Jumat (8/6). (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Dengan agenda silaturahmi, KGPH. Panembahan Ageng Tedjowulan bersama rombongan, Jumat (8/6) bertemu Pimpinan DPRD Surakarta beserta sejumlah jajarannya, di Ruang Kerja Ketua Dewan. Tedjowulan ditemani KGPH Suryo Wicaksono, BRA Mooryati Soedibyo, Nina Akbar Tandjung dan beberapa kerabat lainnya. Kedatangan rombongan ditemui Ketua DPRD YF Sukasno, Wakil Ketua DPRD Supriyanto, Muhamad Rodhi dan sejumlah Ketua Komisi.

Dalam pertemuan yang berlangsung 1,5 jam tersebut, sesekali Tedjowulan mengeraskan pembicaraan, sesekali berbisik dengan Pimpinan Dewan. Pimpinan Dewan juga tampak serius mendengarkan ucapan Tedjowulan.

Tedjowulan yang mengenakan batik menjelaskan,  kedatangannya tersebut merupakan silaturahmi dengan DPRD yang merupakan amanat Ketua DPR RI Marzuki Ali. “Kedatangan kami sesuai saran Ketua DPR Marzuki Alie untuk bersilaturahmi ke DPRD. Rencana awalnya Sinuhun Hangabehi sedianya akan ikut bersilaturahmi, namun beliau memimpin rapat di keraton untuk jumenengan 15 Juni mendatang,” ujar Tedjo kepada YF Sukasno.

Lebih lanjut, Tedjowulan mengatakan pihaknya berharap keraton nantinya bisa baik dan menjalin hubungan dengan pihak luar. “Saya punya impian, nantinya keraton pertama menjalin hubungan dengan Mangkunegaran, selama ini kan tertutup,” ujar Tedjowulan.

Setelah terjalin hubungan baik dengan Mangkunegaran kemudian bersama-sama memberikan masukan kepada Walikota. “Mungkin istilahnya Tritunggal yaitu Walikota, Sinuhun PB XIII dan Mangkunegara (Mangkunegara IX–Red),” papar Tedjowulan.

Menurut Tedjowulan, jika tidak dimulai sejak sekarang, keraton dapat tersisihkan. “Kalau nantinya keraton sudah diemohi masyarakat, kita mau apa?” tegas Tedjowulan lagi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD YF Soekasno, mengatakan masyarakat Solo mangayubagyo dengan adanya rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. “Masyarakat dan DPRD nyengkuyung rekonsiliasi tersebut sehingga harapannya keraton dapat berkembang,” ujar Sukasno.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge