0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati: Tidak Apa-apa

Sragen Gagal Raih Adipura 9 Kali Berturut-turut

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Kabupaten Sragen harus rela menelan ludah kekecewaan atas lepasnya penghargaan Adipura yang telah selama 8 tahun berturut-turut diraihnya. Menanggapi kenyataan itu, Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman tetap menganggap hal tersebut sebagai suatu yang biasa. Namun dia menilai ada beberapa faktor yang memengaruhi lepasnya penghargaan Adipura tahun 2012 ini.

Faktor tersebut antara lain, soliditas di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sragen yang menjadi leading sector perolehan Adipura mengalami penurunan. Untuk itu BLH harus melakukan evaluasi diri secara internal terhadap sumber daya manusia yang ada. Di samping itu BLH dinilai tidak bisa untuk menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan perkotaan atau kecamatan sekitar di Kota Sragen.

“Soliditas di BLH harus melakukan evaluasi diri di internal organisasinya. BLH juga mengalami problem sehingga greget untuk masyarakat di lingkungan perkotaan dan kecamatan sekitar mengalami penurunan dibanding tahun lalu,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (7/6) siang.

Agus mengakui, keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Sragen ikut berpengaruh dalam membangun fasilitas umum atau fasilitas pendukung.  Bahkan dia menilai fasilitas-fasilitas yang juga menjadi sasaran penilaian Adipura tersebut sudah mengalami out of dead, seperti tempat pembuangan sampah dan pertamanan serta kondisi terminal yang mengalami penurunan. Kendati tidak berjanji, Agus berharap tahun depan Sragen dapat meraih kembali penghargaan Adipura.

“Saya tadi rapat, saya sampaikan ke BLH tidak apa-apa (tidak mendapat Adipura –Red). Ini kesempatan bagi kita untuk melakukan koreksi. Tahun depan Insya Allah kita raih kembali, kita siapkan mulai hari ini,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge