0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Batal Dapat Bantuan BST

Batik Solo Trans (BST) (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunda pemberian bantuan armada Batik Solo Trans (BST) ke Solo. Sedianya, Solo akan mendapatkan bantuan sekitar 20 BST pada tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan, sebenarnya Kota Solo mendapatkan bantuan hibah armada BST pada tahun ini, sebagai kompensasi dari rencana kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. “Ada skenario dari Kemenhub, di kota-kota yang melaksanakan program Bus Rapid Transit (BRT) akan mendapat bantuan, termasuk bantuan subsidi BBM dan bantuan armada BST,” terangnya kepada wartawan, Rabu (6/6).

Namun, hal tersebut urung dilakukan, karena harga BBM tidak jadi naik. Sehingga, pemberian bantuan dibatalkan oleh Kemenhub. Padahal, menurut Herman, pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana membangun koridor 2 dan 3 untuk BST.

Sebagai solusi, Pemkot berencana akan mengajukan anggaran BST pada APBD-Perubahan 2012 ini. “Saya sudah matur sama Walikota, pengadaan BST diupayakan dari APBD. Beliau setuju, dan menunggu akhir 2012 dan tahun 2013,” terangnya.

Menurutnya, dengan mengupayakannya melalui anggaran APBD, semua kebutuhan koriodor BST akan terpenuhi sampai dengan 2014 mendatang. Di tahun ini saja, Dishubkominfo menargetkan membuka 2 koridor baru, yakni koridor 2 dan koridor 3. Di tahun selanjutnya, diupayakan untuk membuka 2 koridor lagi, sampai dengan tahun 2014 kebutuhan penambahan koridor BST bisa terpenuhi.

Dengan dibukanya koridor baru tersebut, harapannya bisa menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat. “Layanan public transport ke depan kalau sudah bisa jalan, pertumbuhan perekonomian akan meningkat, karena multipliernya cukup tinggi, disamping mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan di jalan raya,” ungkapnya. Dishubkominfo sendiri meminta tambahan 20 unit per koridor, dengan asumsi nilai armada BST Rp 450 juta per unitnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge