0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Balita Penderita AIDS Meninggal

Anak kena HIV, orangtua diawasi (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali — Balita MR (2) warga Jaten, Kecamatan Klego, Boyolali, penderita AIDS, Kamis (7/6) meninggal dunia di RSUD Pandanarang Boyolali. Korban meninggal juga disebabkan penyakit komplikasi, seperti gizi buruk yang dideritanya.

MR adalah anak pasangan PD (41) dan SR (36) yang juga terindikasi HIV/AIDS. MR sendiri terkena HIV/AIDS sejak dalam kandungan SR. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Boyolali, Syamsudin Mkes, MR sudah berulang kali dirawat di rumah sakit. Namun karena terkena pneumonia atau infeksi paru-paru,sehingga mengakibatkan daya tahan tubuhnya menurun dan meninggal dunia pagi tadi dalam perawatan tim medis RSUD Pandanarang Boyolali.

“Kita sudah melakukan upaya agar daya tahan tubuhnya bisa kebal, tapi penyakit komplikasi paru-paru dan gisi buruk mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh,” ungkap Syamsudin, Kamis (7/6).

Sementara kedua orang tua MR, yaitu SR dan PD, terkena penyakit HiV/ AIDS akibat hubungan badan. Kondisi SR sendiri saat ini juga memprihatinkan. SR hanya terbujur lemas di tempat tidur rumahnya yang hanya beralaskan kasus tipis. Untuk sementara, SR dirawat di rumah karena keterbatasan biaya.

“Kita akan pantau terus kesehatan mereka, termasuk memberikan vaksin untuk kekebalan yang akan kita lakukan setiap bulan sekali, yang bersangkutan juga harus rutin melakukan kontrol ke rumah sakit,” ujar Syamsudin.

Di Boyolali sendiri dalam tahun 2012 ini terdapat 21 penderita HIV AIDS. Dari jumlah tersebut, kebanyakan didominasi ibu rumah tangga. (byl)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge