0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Pembatasan BBM, Jokowi Pilih Naik Sepeda

Walikota Solo Joko Widodo (timlo.net - dhefi)

Solo — Kebijakan pemerintah terkait pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk kendaraan dinas, rupanya mendapat respon tersendiri dari Walikota Solo, Joko Widodo. Pak Wali lebih memilih upaya penghematan energi ketimbang pengalihan premium ke Pertamax, di antaranya melalui gerakan bersepeda.

“Dari premium ke Pertamax, hematnya di mana itu. Mestinya yang dilakukan adalah gerakan hemat energi. Mestinya ada instruksi ke kantor jalan kaki, ke kantor naik sepeda. Itu baru hemat,” ujar walikota yang akrab disapa Jokowi ini kepada wartawan, seusai meresmikan pembukaan Bank BNP Solo, Kamis (7/6).

Solusi seperti ini, menurutnya lebih rasional ketimbang pengalihan BBM yang ujung-ujungnya membuat bengkak APBD. Di Solo saja, kata Jokowi, pengalihan BBM dari premium ke Pertamax telah melambungkan nilai APBD hingga Rp 2,5 miliar.

Kendati demikian, diakuinya, Pemerintah Kota Solo tetap mendukung segala kebijakan pemerintah pusat, dalam hal ini pembatasan BBM bersubsidi untuk kendaraan dinas. Hanya saja, agar bisa berjalan efektif, Jokowi berharap program tersebut dapat didesain sebaik mungkin, sehingga benar-benar memberikan penghematan baik dari sisi energi maupun biaya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge