0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tedjowulan Jelaskan Soal Gelar Bangsawan Hercules

KGPH Panembahan Agung Tedjowulan (timlo.net - dhefi)

Solo – Hercules Rosario Marshal atau yang lebih kondang dikenal dengan sebutan Hercules, mendapatkan kekancingan gelar dari KGPH Tedjowulan (pada saat itu masih menjadi PB XIII) pada Selasa (5/6) lalu. Pemberian gelar tersebut sebenarnya sudah dilakukan pada tahun lalu, namun karena sesuatu dan lain hal, pemberian gelar tertunda sampai kemarin.

Tokoh ormas yang malang melintang di Ibukota tersebut dikenal sebagai mantan seorang preman yang memiliki banyak anak buah di Jakarta. Gelar yang diberikan kepada pria asal Timor Leste tersebut adalah KRH Yudhopranoto. Terkait pemberian gelar itu kepada Hercules, Tedjowulan memiliki alasan tersendiri.

Seperti yang dikatakan kepada wartawan usai bertemu dengan Walikota Solo dan Muspida di rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (6/6) kemarin, Tedjowulan mempunyai alasan mengapa Hercules mendapat gelar kebangsawanan tersebut. Menurutnya, gelar yang diberikan kepada Hercules sudah melalui proses penilaian yang selektif. “Prosesnya sudah 2 tahun yang lalu. Semua yang mendapatkan kekancingan gelar, sudah berdasarkan kajian yang mendalam,” katanya.

Terkait sosok Hercules sebagai mantan preman, ia tidak mempermasalahkannya. Sebagaimana seseorang yang telah khilaf, Tedjowulan melihat sosok Hercules saat ini berbeda dengan masa lalu. Ia menganggap, itikad baik seseorang untuk bisa kembali ke jalan yang benar patut diapresiasi.

“Kalau kamu (masyarakat) menghukum orang terus-terusan, kalau dia sudah nyuwun pangapura karo Gusti Allah, sudah tobat, haruskah terus dilakukan seperti itu,” terangnya.

Sementara, cerita serupa juga diungkapkan  salah seorang kerabat dekat keraton, KRHT Sumodiningrat Agus Irianto. Menurutnya, pemberian gelar bangsawan kepada Hercules merupakan langkah apresiatif dari pihak keraton kepadanya yang telah memberikan perhatian kepada budaya Jawa.

“Beliau sering melakukan ritual Jawa. Ia juga sering melakukan ziarah ke makam raja Jawa,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge