0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semangat Sehat, Ibu-ibu Antre Cek Kandungan

Warga Kampung Sewu, Jebres sedang antri berobat gratis. (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Gedung Serbaguna Pamrih Kelurahan Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (7/6)  tidak seperti biasanya. Telihat ratusan ibu mengantri untuk mendapatkan layanan kesehatan mulai dari IVA Test, Cek Kandungan, juga donor darah, dalam acara bertajuk “Semangat Sehat, Sekarang!”

Acara tersebut merupakanpuncak dari serangkaian sosialisasi tentang bahaya kanker serviks yang telah digelar di beberapa kelurahan di Kota Solo. Di antaranya Kelurahan Gandekan, Pucang Sawit, Gilingan, Nusukan dan lainnya.

Dalam acara tersebut Arco Iris EO menggandeng Solo Peduli dan PMI Kota Surakart. Acara tersebut bertujuan agar masyarakat sadar dan lebih peduli pada kesehatan alat reproduksi, terutama bagian leher rahim.

Vidya Nurina, Humas Arco Iris EO mengatakan, acara ini digelar untuk menekan angka kematian yang disebabkan kanker serviks (leher rahim). Masih banyak wanita-wanita di Solo yang malu untuk memeriksakan dirinya. “Melalui sosialisasi kemarin kita mulai mengenalkan tentang penyakit berbahaya ini, agar para wanita bisa segera tanggap dan mengerti,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan menggunakan IVA Test yang diadakan dalam acara itu maka akan diketahui wanita-wanita yang terkena kanker serviks. “Setelah diketahui akan di data dan diberikan penyuluhan serta langkah-langkah yang diambil agar dapat mengatasi penyakit tersebut,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga digelar pengobatan gratis yang di peruntukan warga di Kampung Sewu. Warga yang datang untuk pengobatan gratis ini menjadi membludag. Panitiapun sempat kewalahan menghadapi antusiasme masyarakat. “Warga tidak hanya memeriksakan kandungannya saja, tetapi juga sekalian berobat gratis,” pungkasnya.

 

 

Menurut penuturan Anik Sulistyowati bahwa acara semacam ini harus lebih sering diselenggarakan. Karena banyak masyarakat kurang mampu yang tidak paham tentang masalah Kanker Serviks, Dirinyapun juga baru mendengar pertama kali tentang hal itu. Selain itu pengobatan gratis yang ada disana juga sangat membantu dirinya. “Acara seperti ini harusnya sering-sering diselenggarakan. jangankan untuk test mas, tahu aja tidak apa itu Kanker Serviks,” Ujarnya polos.

 

 

Senada dengan Anik, warga Kampung Sewu bernama Sri Handayani ini juga membenarkan apa yang dikatakan tetangganya itu. Sebelum sosialisasi yang diadakan Arco Iris EO bekerja sama dengan SPEK HAM (Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia) tentang bahaya Kanker Serviks kemarin dirinya sama sekali tidak tahu apa-apa tentang penyakit berbahaya ini. Setelah tahu, dirinya melakukan IVA test di tempat tersebut sekaligus berobat gratis. “Saya baru tahu setelah ada sosialisasi dari SPEK-HAM tentang Kanker Serviks, lalu saya berinisiatif untuk melakukan IVA Test sekaligus berobat gratis disini,” ujarnya sambil tertawa.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge