0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Transaksi Gadai Emas di Solo Naik 40 Persen

Suasana transaksi di salah satu kantor pegadaian di Kota Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Laju transaksi gadai emas di Kota Solo belakangan naik hingga 40 persen dari kondisi normal. Kenaikan ini tidak lepas dari meningkatnya kebutuhan dana masyarakat menjelang tahun ajaran baru sekolah.

Sebagaimana terjadi di Kantor Pegadaian Cabang Purwotomo, menurut manajer usaha lain pegadaian setempat, Sri Aniyati, beberapa waktu terakhir pegadaian kebanjiran konsumen. Kondisi ini sudah dirasakan sejak pertengahan Mei lalu, sebagai akibat dari melonjaknya kebutuhan masyarakat untuk pendidikan.

“Pada umumnya untuk saat-saat seperti ini masyarakat yang datang ke pegadaian membutuhkan dana di kisaran Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Mereka butuh dana untuk biaya sekolah,” ujar Sri Aniyati ketika ditemui, belum lama ini.

Kondisi yang tidak jauh berbeda juga terjadi di Kantor Pegadaian Cabang Cokronegaran. Pimpinan pegadaian setempat, Nur Wakhid, menyebut belakangan ini aktivitas transaksi gadai mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Oleh sebab itu, guna memfasilitasi kebutuhan dana masyarakat yang cenderung meningkat, Pegadaian Cokronegaran pun telah menyiapkan dana ekstra. Pegadaian ini, diakui Nur Wakhid, telah menyiapkan tambahan dana hingga 15 persen dari anggaran reguler sebesar Rp 6 miliar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge