0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tedjowulan Dijawalkan Menyusul Saat Jumenengan

Sinuhun Hangabehi Sudah di Dalam Keraton

Sosok Dwitunggal PBXIII Hangabehi dan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan didampingi oleh Walikota Solo Joko Widodo (foto eksklusif: KRH Bambang Pradotonagoro )

Solo — Pakubuwono (PB) XIII Sinuhun Hangabehi saat ini sudah masuk ke dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Informasi tersebut disampaikan Walikota Solo Joko Widodo, Kamis (7/6).

Jokowi, sapaan Walikota menegaskan, Sinuhun Hangabehi masuk ke dalam kompleks keraton sejak Rabu (6/6) kemarin. “Sudah, sudah masuk sejak kemarin,” tuturnya kepada wartawan.

Masuknya Hangabehi ke dalam keraton dilakukan setelah pertemuan antara Dwitunggal Hangabehi-Tedjowulan bersama Walikota dan unsur Muspida yang dilakukan di LOji Gandrung Rabu sore. Namun masuknya Hangabehi ke dalam keraton belum diikuti KGPH Panembahan Agung Tedjowulan.

Menurut Jokowi, Tedjowulan akan masuk ke dalam keraton tepat pada hari diselenggarakannya Jumenengan pada Jumat (15/6) mendatang. “Masih ada proses yang harus dilalui,” tambahnya.

Pada saat masuk ke dalam keraton itulah, rencananya akan ada proses ritual adat yang mengiringi masuknya Tedjowulan ke dalam keraton. Di antaranya, penyampaian surat permintaan maaf dari Tedjowulan kepada PB XIII Hangabehi. Seperti yang diberitakan kemarin, Surat itu isinya adalah permohonan maaf, dan untuk bertempat tinggal di dalam keraton kasunanan.

Saat ini Jokowi memastikan, adanya perbedaan pandangan yang terjadi di dalam tubuh kerabat keraton yang memicu konflik beberapa waktu terakhir sudah dapat terselesaikan. “Sudah tidak ada masalah lagi,” tegasnya.

Sementara, keberadaan Sinuhun Hangabehi yang saat ini sudah berada di dalam keraton dibenarkan oleh salah seorang kerabat KP Edy Wirabhumi. “Sejak dari Jakarta kemarin Sinuhun malah sudah berada di keraton,” tuturnya.

Persiapan menjelang Jumenengan PB XIII Hangabehi juga sudah dilakukan mulai dari saat ini. Menurutnya, seluruh komponen yang ada di dalam keraton sudah mulai mempersiapkan sesuai dengan tugas masing-masing. “Sudah berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan tugasnya,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge