0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produk Unggulan Jateng & Jatim Digelar di Wonogiri

Produk unggulan dari salah satu peserta matchmaking yang dihelat di Pendopo Rumdin Wonogiri Kamis (7/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Kabupaten Wonogiri, Kamis (7/6) di Pendopo Rumah Dinas Bupati setempat menggelar temu usaha (matchmaking) dengan menghadirkan potensi produk unggulan dari 11 kbupaten/kota di Provinsi Jateng dan Jatim.

Kesebelas peserta adalah wilayah yang tergabung dalam Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah) II BKAD Jateng meliputi Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten ditambah dari wilayah Jatim  (Magetan, Pacitan, Ngawi dan Ponorogo).

Disamping mereka dihadirkan pula 7 kalangan UMB (Usaha Menengah Besar) dari sektor perbankan, industri kerajinan tangan (handycraft), dan pengolahan consumer goods. Sesuai dengan tujuan awal, temu usaha ini bertujuan menyinergikan antara UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan UMB sehingga masing-masing daerah berusaha menampilkan produk yang menjadi unggulannya dengan harapan bisa dilirik kalangan UMB.

Kabupaten Magetan menampilkan industri manik-manik dan batu mulianya. Kabupaten Karanganyar dengan spesialisasi aneka minuman guna mendongkrak keperkasaan pria, dan Wonogiri mengunggulkan potensi produk pertanian dan aneka camilan oleh-oleh.

Bupati Wonogiri Danar Rahmanto saat membuka acara menghimbau ada jalinan kerjasama yang berkesinambungan yang dimulai dari matchmaking. Karena pada prinsipnya antara UMKM dan UMB terdapat garis merah yang menghubungkannya.

“UMB tentu butuh pasokan bahan baku atau diverfisikasi produk yang mestinya bisa dipenuhi oleh kalangan UMKM, sementara UMKM sendiri pastinya perlu jangkauan pemasaran atau suntikan dana dari teman-teman UMB,“ kata Bupati.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge