0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kridhaning Jaran Bocah Gabungkan 5 Tari Kuda Kepang

4 Penari SDN 1 Wonogiri Juara 1 Tingkat Jateng

4 siswa SD N 1 Wonogiri saat membawakan Tari Kridhaning Jaran Bocah di pendopo rumdin Kamis (7/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Satu lagi tari kreasi baru muncul di Wonogiri, bernama Tari Kridhaning  Jaran Bocah. Tarian ini merupakan penggabungan dari 5 jenis tari kuda kepang.

Tari Kridhaning Jaran Bocah dibawakan 4 penari. Sesuai namanya yang memakai sebutan bocah, seluruh peraga tari adalah anak-anak yang masih berusia belia. Fragmen utama dalam tari adalah peragaan sekawanan prajurit saat mengendarai kuda.

“Ada lima jenis tarian kuda kepang yang digabungkan dalam tari ini. Ada kuda lumping, kuda kepang, jathilan, jaran dor dan seni jaran papat,“ ujar Purwati, pemerhati seni yang juga salah satu staf di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Wonogiri saat melihat langsung penampilan Tari Kridhaning Jaran Bocah, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (7/6).

Dijelaskan, penciptaan tari tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Disbudparpora dengan siswa SD Negeri 1 Wonogiri. “Tarian ini mengekspresikan kerukunan, kebersamaan, mewujudkan semangat gotong-royong dalam bekerja bahu-membahu, dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Tarian ini pula yang bakalan mewakili Provinsi Jateng pada event  Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) tingkat nasional di Mataram, Nusa Tenggara Bimur (NTB) pada 17 Juni mendatang. Sebelumnya, tari yang diperagakan siswa SDN 1 Wonogiri (Amarta Putri, Gracella Yolanda, Dean Nathael dan Lugas Syahid Afriadi) ini memenangi peringkat pertama di FLLSN tingkat Provinsi Jawa Tengah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge