0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konflik Keraton Solo Dianggap Selesai

Walikota Solo Joko Widodo (timlo.net - dhefi)

Solo —  Penyelesaian konflik di dalam tubuh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat semakin terlihat hasilnya. Bahkan, Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) menganggap secara 100 persen persoalan yang ada di dalam keraton sudah bisa terselesaikan. Saat ini, semua pihak hanya tinggal menanti prosesi jumenengan yang rencananya dilakukan pada 15 Juni mendatang.

Jokowi mengaku, perkembangan situasi keraton beberapa waktu terakhir begitu cepat. Bahkan, situasi yang cenderung memanas tersebut sulit untuk diprediksi. Namun dengan adanya beberapa kali pertemuan dari dua belah pihak yang berseteru, Jokowi optimis 100 persen kalau semua persoalan yang ada di dalam tubuh keraton selesai.

“Tahapan dari pertemuan beberapa waktu lalu, kemarin dan hari ini, saya simpulkan bahwa persoalan sudah selesai, sudah rukun semuanya,” tuturnya kepada wartawan usai menggelar pertemuan antara PB XIII Hangabehi-Tedjowulan bersama Muspida di rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (6/6) sore.

Dengan adanya pertemuan tadi sore, Jokowi memastikan tidak akan ada ganjalan lagi dari kedua belah pihak. Melihat perkembangan situasi terakhir yang begitu cepat, Jokowi bahkan setengah tidak percaya. “Sungguh diluar dugaan saya bisa secepat ini,” tuturnya.

Menurutnya, upaya dialog dengan dua belah pihak dirasa sudah cukup. Selama ini, pertemuan yang dilakukan baru “setengah kamar”, yakni mempertemukan salah satu pihak saja secara bertahap. Ia menilai cara tersebut sudah cukup efektif. “Akan dihitung lagi, perlukah pertemuan satu kamar kalau selama ini sudah cukup dan sudah selesai,” tambahnya.

Jokowi berpendapat, saat ini sebaiknya berkonsentrasi untuk rencana jumenengan mendatang. “Tinggal menata jumenengan-nya seperti apa,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge