0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir 2012, Jateng Targetkan Bebas Pasung

Hengky SW Putranto, ketika memaparkan target Jateng bebas pasung 2012 di R. Data Rabu (6/6) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Kepala Bidang (Kabid) Kesejahteraan Rakyat Bapppeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jateng  Hengky SW Putranto mengungkapkan, di akhir tahun 2012 Jateng mesti bebas dari pasung.

“Akhir tahun ini (2012) Provinsi Jateng harus bebas dari segala bentuk pemasungan terhadap penderita gangguan jiwa, tidak boleh lagi ada tindakan tidak berperikemanusiaan seperti itu,“ tegas Hengky Putranto, saat Asistensi Kesehatan Jiwa Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Data komplek Setda Kabupaten Wonogiri, Rabu (6/6).

Menurut Hengky, penderita gangguan jiwa butuh perhatian dan bukan tindakan penyakitan seperti dipasung. “Mereka juga saudara kita dan harus diperlakukan secara manusiawi, penuh kasih dan perhatian. Dan untuk upaya itu perlu kerjasama dari instansi pemerintah dan masyarakat, terutama pengembangan kesadaran di tengah masyarakat. Dinas Sosial sebagai leading sector mesti mampu memenejnyam“ paparnya.

Sekda Kabupaten Wonogiri Budisena yang juga memberikan paparan, menganggap permasalahan gangguan jiwa merupakan fenomena gunung es. Yang terdata di Dinas Sosial seringkali tidak menggambarkan hal yang sesungguhnya.

“Ada kecenderungan keluarga untuk menutup-nutupi jika ada anggotanya yang menderita gangguan jiwa, akibatnya tidak bisa tercatat sebagai penderita gangguan jiwa, ini menyebabkan data yang kita punyai jauh berbeda dari kenyataan,“ jelas Sekda.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge