0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

"Sagu Sapo Sasi Sapo Sako Sapo" Angkat SMPN 2 Pracimantoro

2 Sekolah di Wonogiri Raih Penghargaan Nasional

Sri Nuryati,Kepsek SMPN 2 Pracimantoro (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Dua sekolah di Kabupaten Wonogiri berhasil mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Keduanya adalah SMP Negeri 2 Pracimantoro dan SMK Negeri 2 Wonogiri yang  meraih  penghargaan Piala Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup  sebagai sekolah peduli lingkungan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup  Baltazar Kambuaya di Hotel Sahid Jakarta, Selasa (5/6) malam.

Kepala SMPN 2 Pracimantoro Sri Nuryati ketika dihubungi menuturkan, salah satu yang dianggap menentukan bagi sekolahnya hingga berhasil memperoleh Adiwiyata lantaran program kepedulian lingkungan yang dicanangkan sejak tahun 2009. Program ini ini dinamai Sagu Sapo Sasi Sapo Sako Sapo.

“Sagu Sapo Sasi Sapo Sako Sapo merupakan singkatan Satu Guru Satu Pohon, Satu Siswa Satu Pohon dan Satu Komite Satu Pohon, intinya Program One Man One Tree (OMOT) atau penanaman dengan konsep satu orang satu pohon,“ ujar Sri Nuryato melalui sambungan telepon.

Demi mewujudkan program itu, pihaknya menyediakan lahan seluas dua hektar untuk ditanami bibit pohon. Sekitar 5.100 lebih tanaman ditempatkan disana dengan macam tanaman meliputi sengon, jati, jarak, matoa, sukun, dan rambutan.

“Tujuan kami dengan program ini diantaranya supaya anak-anak memiliki jiwa dan semangat melestarikan lingkungan,“ jelasnya.

Ditambahkan, ada target lagi yang akan diraih sekolahnya, yakni mendapatkan piagam Adiwiyata Mandiri. “Namun ada syarat yang harus kita penuhi, yaitu minimal harus bisa membina 10 sekolah dari beragam tingkatan baik SD, SMP, maupun SMA, tapi hal ini sudah kita mulai rintis, “ tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge