0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Kelahiran Sang Proklamator

Pelajar Sukoharjo Rame-rame Tiru Gaya Bung Karno

Peringati Hari Kelahiran Bung Karno, Sejumlah Siswa SMK Bina Patria 1 Sukoharjo Bergaya Ala Bung Karno (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo – Sejumlah siswa SMK Bina Patria 1 Sukoharjo memperingati hari kelahiran tokoh proklamasi Bung Karno, Rabu (6/6). Mereka berdandan dan bergaya ala Bung Karno dengan pakaian serba putih dilengkapi peci hitam, kacamata dan tongkat.

Meniru gaya Bung Karno yang tegas, lugas dan semangat, para siswa tersebut satu persatu berpidato tentang Pncasila, NKRI dan persatuan. Sebelum pidato, para siswa yang berdandan ala Bung Karno tersebut duduk di kursi panjang berwarna merah yang terbujur di halaman sekolah.

Menurut Aditya Nugroho, siswa kelas 11 Mo 1 SMK Bina Patria 1 Sukoharjo, sosok Bung Karno merupakan Bapak Proklamator yang memberikan pengobaran semangat, membangkitkan negeri ini dari keterpurukan menjadi negeri yang mandiri, tegas, disiplin bernilai dan tidak lagi di tindas oleh penjajahan.

“Jika diijinkan ketemu dengan Bung Karno, saya akan menyampaikan kepada beliau, bahwa saya ingin meneruskan cita-cita beliau membangkitkan dan menjaga negeri ini dari keterpurukan. Sosok Bung Karno membangkitkan semangat baru kami untuk ikut membangun bangsa ini menjadi bangsa yang terhormat dan lebih baik,” ujar pemuda yang bercita-cita sebagai TNI tersebut.

Sementara itu, Kepala SMK Bina Patria 1 Sukoharjo, Kukuh Haryanto, mengatakan, dengan partisipasi memperingati hari kelahiran Bung Karno tersebut, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi para siswa untuk lebih cinta Tanah Air, bangsa dan negara, dilandasi rasa persatuan dan kesatuan yang berdasar Pancasila dan UUD ’45.

“Selama ini kita merasa jiwa nasionalisme kurang tajam menusuk sanubari generasi muda. Bahkan pelajaran di sekolah mengenai pendidikan kewarganegaraan pun belum cukup mengetuk hati pemuda jaman sekarang. Maka dari itu, dengan peringatan hari kelahiran Bung Karno ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para siswa untuk memupuk jiwa nasionalisme,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge