0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Anda Bertato? Jangan Sering Berjemur!

Proses pembuatan tato (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Tattoo atau tato merupakan suatu seni dengan media tubuh. Apabila Anda memiliki tato maka harus pandai merawatnya. Anda tidak mau kan apabila tato yang pada awalnya bagus itu menjadi kusam dan warnanya kurang cemerlang

Berikut sedikit tips yang diberikan Angga, seniman tato. Dikatakan, tato terdiri dari 2 kategori, yaitu Black and Grey dan Colour. Untuk perawatan keduanya tidak terlampau jauh berbeda. Keduanya mempunyai karakteristik warna masing-masing.

“Untuk perawatannya tidak susah, hanya kita terkadang lupa dan jarang memperhatikannya,” ujarnya saat ditemui di GOR Manahan, kemarin.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tato, di antaranya, jangan terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari (Sun Bathing). Karena dikhawatirkan akan merusak pigmen pada kulit yang ditato. Gunakan juga tabir surya (Sun Block) dengan SPF 30. Ini akan melindungi dan mempertahankan pancaran warna pada tato.

“Jangan terlalu lama berjemur. Apabila ingin melakukan hal tesebut gunakan Sun Block dengan SPF 30,” jelasnya rinci.

Selain itu, penggunaan lotion pemutih juga sebaiknya tidak dilakukan. Tetapi sebaiknya menggunakan lotion pelembab saja. Karena lotion dengan pemutih kebanyakan mengandung bahan yang bisa merusak warna tato tersebut. “Jangan gunakan lotion pemutih,tapi pelembab saja.” ujarnya singkat.

Dikhawatirkan apabila tato tersebut pudar, akan lebih sulit memperbaikinya dibanding dengan membuat tato pada awal. “Tato yang sudah pudar perlu di-Re-Touch ( sentuhan ulang) dari awal, dengan cara menguatkan warna serta mempertegas garis-garis gambar. Serta ada aturan-aturan penggunaan warna tertentu dalam proses Re-Touch ini,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge