0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penataan Kawasan Pasar Gede Selesai 4 Bulan

Sosialisasi penataan kawasan Pasar Gede, di Loji Gandrung, Selasa (5/6) malam. (dok.timlo.net/akhmad khalik)

Solo — Sosialisasi penataan kawasan Pasar Gede yang digelar di Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Selasa (6/6) malam dihadiri puluhan warga terutama yang bertempat di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Kota Solo, Ahyani mengatakan, penataan kawasan Pasar Gede dilakukan untuk menyediakan pedestrian atau ruang bagi pejalan kaki.

Penataan kawasan Pasar Gede direncanakan akan dimulai pada awal Juli nanti. “Sementara pada bulan Oktober nanti diperkirakan proyek itu akan selesai,” jelas Kepala Bidang Perencanaan DTRK, Endang Sita Resmi.

Nantinya, proyek penataan Pasar Gede akan dimulai dari Jalan Mayor Kusmanto, tepi sungai Kali Pepe dan kawasan koridor Pasar Gede. Penataan akan dimulai dari Gladag ke utara dengan penataan koridor dilanjutkan ke Jl Jendral Sudirman. “Di sana akan ditata pedestriannya bagian kiri kanan. Pagar-pagar besi nantinya akan diganti dengan tanaman. Median jalan yang ada di tengah jalan Jendral Sudirmal nantinya akan diratakan, sehingga ada kesatuan poros antara keraton, Tugu Pangendanan, dan Pasar Gede,” jelasnya.

Penataan Jl Mayor Kusmanto juga serupa dengan di Jl Jendral Sudirman, di mana akan ditata pedestriannya sebelah kiri dan kanan lalu pagar juga diganti dengan sistem Open Plant lalu ke timur juga selatan jalan sampai ke ujung Jalan Kapten Mulyadi.

 

Kemudian direncakan kedepan SPBU yang ada disana akan dijadikan taman dan bagian bawahnya dibuat parkir basement yang diperkirakan bisa menampung 100 mobil. Di sebelah kiri dan kanan sungai pepe nantinya akan dibuat suatu jalan inspeksi mulai dari ujung jembatan gantung sampai ke jembatan pasar gede. Saat ini masih terganjal karena adanya penduduk yang menempati wilayah itu.

 

Sementara untuk sekitar Pasar sendiri,penataan juga akan dilakukan pada sekitar tugu jam dan depan Klentheng. Nantinya aspal di dua ikon Pasar Gedhe itu akan diganti dengan material batu.”Nanti untuk sekitar Pasar sendiri tugu jam dan Depan Klentheng akan diganti dengan material batu granit,” terang dia.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge