0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dapat Kado Adipura dan Prestasi WTP

Upacara HUT Boyolali Bernuansa Kejawen

Upacara HUT Boyolali ke-165, Selasa (5/6) bernuansakan kejawen (dok.timlo.net/byl)

Boyolali —  Ribuan pegawai negeri sipil (PNS)  Kabupaten Boyolali, Selasa (5/6) berkumpul di Tugu Jam yang merupakan jantung kota Boyolali untuk mengikuti upacara HUT Boyolali ke- 165. Uniknya, mereka menggenakan baju kejawen lengkap.

Yang laki-laki mengenakan beskap serta perempuan menggenakan jarit dan kebaya. Selama pelaksanaan upacara mulai dari aba-aba hingga sambutan pun menggunakan bahasa Jawa. Pemandangan lucu juga terlihat saat peserta upacara terlihat bingung dengan aba-aba berbahasa Jawa yang digunakan pemimpin upacara.

Upacara yang memakan waktu selama kurang lebih satu jam, berlangsung dengan khitmad dan lancar. Meski matahari terasa sangat menyengat, tidak ada satupun peserta upacara yang beranjak dari tempat.

Sementara itu, Wakil Bupati Boyolali Agus Purmanto mengatakan, penggunaan bahasa Jawa dalam upacara HUT Boyolali ke-165 ini sebagai upaya untuk nguri-nguri budaya Jawa.”Jangan sampai budaya Jawa punah, apalagi saat ini banyak warga luar yang belajar budaya Jawa,” tandas Wabup usai upacara.

Dijelaskan, HUT kali ini terasa istimewa karena Kabupaten Boyolali mendapat kado istimewa. Yaitu, keberhasilan meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan kedua meraih penghargaan Adipura tujuh kali berturut- turut. Prestasi WTP menyatakan bahwa akuntabilitas Pemkab Boyolali bersih dan bebas dari korupsi. (byl)



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge